Thursday, September 29, 2016

Jessica Digoda Penyidik Polda Metro, Kapolri,Itu Teknik Penyidikan

Jessica Digoda Penyidik Polda Metro, Kapolri,Itu Teknik Penyidikan
Jessica Kumala Wongso buka-bukaan di depan majelis hakim. Salah satu pengakuannya adalah ketika Jessica merasa diintimidasi 'digoda' Polda Metro Jaya. Apa tanggapan Kapolri?


Kadang-kadang penyidik itu memiliki banyak trik sekali untuk melakukan pendekatan dalam rangka untuk membuat tersangka menjadi mengaku. Dalam praktek kadan-kadang jarang ada yang tersangka yang mengakui,ujar Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam acara bakti sosial di Marunda, Jakarta Utara, Kamis (29/9/2016).

Tito menjelaskan, hal itu diperbolehkan dalam ruang lingkup penyidikan. Menurutnya, itu wajar saja untuk mencari pengakuan seorang tersangka.


Tersangka jarang (mengakui) kalau buktinya fifty-fifty atau buktinya telak, yang telak pun kadang-kadang tidak diakui. Jadi polisi pun mengembangkan teknik-teknik untuk melakukan pendekatan, seringkali begitu,ucapnya.

Mantan Kapolda Metro ini juga menjelaskan, dalam penyelidikan dan penyidikan dibutuhkan tekanan psikologi. Bahkan hingga tingkat penyidikan dibutuhkan permainan piskologis.

Itu kan permainan psikologis, pada waktu pemeriksaan itu permainan psikologis, sama kalau seperti kita ikut sidang kemarin, antara penasihat hukum, jaksa, itu kan bagaimana mereka berusaha meyakinkan hakim,ujarnya.

Sebelumnya, dalam sidang pemeriksaan terdakwa, Jessica mengaku mengalami hal yang tidak mengenakan dalam pemeriksaan. Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan disebut-sebut dalam persidangan Jessica Kumala Wongso. Jessica menyebut, Herry yang saat itu adalah Kasubdit Jatanras Polda Metro sempat menyatakan bahwa dia adalah tipe perempuan Herry.

Jessica juga bercerita mengenai pertemuannya dengan Kombes Krishna Murti yang saat itu menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum. Jessica menuturkan, Krishna sempat mengatakan dia mempertaruhkan jabatan saat menjadikan Jessica sebagai tersangka.





Posted by


No comments:

Post a Comment