Monday, January 23, 2017

Saat Jokowi Hitung Durasi Pidato Wiranto yang Tak Sampai 7 Menit

Saat Jokowi Hitung Durasi Pidato Wiranto yang Tak Sampai 7 Menit
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto hari ini berbicara di hadapan Presiden Joko Widodo dalam acara Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan 2017 di Istana Negara, Jakarta. Dalam kesempatan itu, Wiranto sadar diri saat berpidato, di mana durasinya tidak boleh lebih dari 7 menit.


Dalam pidatonya, Wiranto menyampaikan beberapa hal terkait evaluasi penanganan kebakaran hutan dan lahan. Evaluasi itu dilakukan terkait rencana aksi pada 2017.

Wiranto membuka pidatonya dengan menyapa Presiden, beberapa menteri, petinggi TNI-Polri dan kepala daerah. Selanjutnya, dia menyampaikan beberapa laporan mengenai kebakaran hutan dan lahan yang terjadi pada 2015 dan 2016.

Kami akan melaporkan evaluasi penanganan kebakaran hutan dan lahan pada 2016. Sebagaimana kita ketahui bersama pada 2015 kebakaran hutan dan lahan berdampak cukup serius terhadap pembangunan nasional. Namun kita perlu bersyukur kebakaran hutan dan lahan pada 2016 mengalami penurunan drastis dibanding tahun berikutnya,kata Wiranto di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (23/1/2017).

Selanjutnya, Wiranto menjelaskan soal pemantauan jumlah titik dari satelit, dampak kebakaran hutan pada sisi sosial, ekonomi dan politik, serta soal partisipasi para pemangku kepentingan untuk bertindak mengatasi bencana kebakaran hutan dan lahan tersebut.

Keberhasilan penanggulangan dan pencegahan kebakaran hutan oleh para pihak baik di pusat dan daerah yang melibatkan TNI, Polri, LSM, perusahaan dan masyarakat. Keberhasilan yang telah dicapai itu tidak hanya terbatas pada upaya-upaya di atas, tapi juga didukung iklim La Nina yang memperpanjang musim hujan di beberapa kawasan,jelas Wiranto.

Selanjutnya, Wiranto juga menjelaskan soal kendala yang dihadapi dalam upaya penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan tersebut, mulai dari tidak adanya anggaran hingga peran masyarakat dalam bencana kebakaran hutan tersebut.

Di beberapa daerah, dengan kurangnya penjelasan kepada masyarakat, petugas masih mengalami penolakan dari masyarkat yang lebih mengutamakan kepentingan mereka,katanya.

Di akhir pidatonya, Wiranto menyinggung soal aturan yang dikeluarkan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung terkait durasi pidato menteri di hadapan Presiden yang tidak boleh lebih dari 7 menit. Wiranto berharap, penjelasan yang diberinya itu tidak melebihi batas yang ditetapkan.

Izin menggarisbawahi, upaya pencegahan merupakan kegiatan yang lebih penting dan menentukan karena apabila terjadi kebakaran. Maka sangat sulit untuk dipadamkan dan pasti menimbulkan kerugian yang cukup besar. Terima kasih, mudah-mudahan tidak lebih dari 6 menit,kata Wiranto tersenyum.

Presiden Jokowi pun lantas menanggapi soal durasi pidato tersebut. Menurut Jokowi, pidato Wiranto itu tidak melebihi batas waktu yang ditetapkan lewat Surat Edaran Sekretaris Kabinet tersebut.


Tadi saya meneliti, memang tidak sampai 7 menit Pak Menko. Sambutan saja diatur harus tidak lebih dari 7 menit,kata Jokowi sebelum memberikan pidato peresmian Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan 2017 di Istana Negara, Jakarta.





Posted by

No comments:

Post a Comment