Friday, December 16, 2016

Survei LSI,Citra Santun Ahok Mengalami Peningkatan

Survei LSI,Citra Santun Ahok Mengalami Peningkatan
Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei pasangan calon yang bertarung di Pilkada DKI 2017. Dalam hasil temuan, calon Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengalami kenaikan skor.

Ramah/santun merupakan citra Ahok yang paling rendah di antara kualitas personal lainnya, juga di antara calon lain. Namun demikian citra ramah atau santun Ahok tampak mengalami perubahan positif dibanding bulan lalu,ujar Direktur Eksekutif LSI Kuskridho Ambardi di Hotel Century Park Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (15/12/2016).

Berdasarkan hasil yang dilihat, tren citra Ahok yang mendapat skor tertinggi adalah aspek pintar atau berwawasan luas yang mendapatkan skor 87 pada November 2016 dan 90 dari skala 100 pada Desember 2016. Walau masih rendah dibandingkan calon Gubernur lainnya, aspek santun pada Ahok mengalami kenaikan signifikan dari skor 29 pada November 2016 menjadi 39 pada Desember 2016.

Apakah naiknya tingkat kedisukaan terhadap Ahok ini memiliki dampak terhadap elektabilitasnya? Selain persepsi santun yang meningkat dibanding bulan lalu, adakah variabel lain yang menyebabkan tingkat kedisukaan terhadap Ahok naik?lanjut Kuskridho.

Ahok sendiri mengungguli para pesaing lainnya yakni Agus Yudhoyono dan Anies Baswedan dalam hal elektabilitas. Ahok memperoleh 32,9 persen, disusul Agus dan Anies di angka 25,1 persen dan 23,2 persen. Sementara yang tidak tahu atau rahasia sebanyak 18,8 persen.

Dalam survei ini, LSI mengambil 800 sampel untuk diwawancara tatap muka. Populasi survei ini seluruh warga negara Indonesia (WNI) di Provinsi DKI Jakarta yang memiliki hak pilih, yakni mereka yang sudah berusia minimal 17 tahun. Survei dilakukan sejak tanggal 3 sampai 11 Desember 2016.


Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error lebih kurang 3,5 persen. Quality control hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen. Survei dilakukan dengan biaya sendiri.



Survei LSI,Citra Santun Ahok Mengalami Peningkatan

Posted by

Aonbet

No comments:

Post a Comment